☆ 1.Pengertian motorik kasar
Motorik kasar adalah bagian dari aktivitas motorik yang
mencakup keterampilan otot-otot besar, gerakan ini lebih menuntut kekuatan
fisik dan keseimbangan, geakan motorik kasar melibat kan aktivitas otot tangan,
kaki, dan seluruh anak, gerakan ini mengandal kan kematangan dalam koordinasi,
berbagai gerakan motorik kasar yang di capai ank sangat beguna bagi
kehidupannyakelak,seperti,merangkak, berjalan, berlari, melompatatau berenang,
2.
Tujuan dan fungsi pengembangan
motorik kasar
a. Untuk kesimbangan tubuh anak
b. Melentur kan otot-otot anak
c. Mengembangkan kecerdasan anak
karena dapat merangsang otak melalui gerakan aliran atau peredaran darah yang
lancar yang dapat mengalirkan oksigen ke otak sehingga syaraf-syaraf otak dapat
berkembang
d. Untuk kelincahan gerakan anak
e. Sebagai alat untuk menunjang
pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat dan terampil
f. Meningkat kan kemampuan
mengelola, mengontol gerakan tubuh dan koordinasi serta meningkat kan
keterampilan tubuh dan cara hidup sehat
2.Perkembangan motorik kasar anak
TK
Perkembangan motorik merupakan proses
memperoleh keterampilan dan pola gerakan yang dapat di lakukan anak, misalnya
dalam kemampuan motorik kasar anak belajar menggerkkan seluruh tubuh, kemudian
metode yang di gunakan adalah metode kegiatan yang dapat memacu semua kegiatan
motorik kasar yang perlu di kembangkan anak seperti anaka dapat belajar
menangkap bola, menendang, meloncat dan lain sebagainya
Pada usia 3-4
tahun perkembnagan motorik kasar anak, seperti, menangkp bola besar dengan
tangan lurus di depan badan, berdiri dengan 1 kaki selama 5 detik, melompat sejauh 1 meter menggunakan
bahu dan siku pada saat melempar bola hingga 3 meter, melompat dengan satu
kaki,dll
Sedangkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun seperti,
berlari dan langsung menendang bola, melompat-lompat dengan kaki bergantian,
melambungkan bola tenis dengan satu tangan dan menangkapnya dengan satu tangan,
berjalan pada garis yang sudah di tentukan, berinnjit dengan tangan dan
pinggul, mengayuhkan satu kaki kedepan atau kebelakang tanpa kehilangan
keseimbangan
3.
Prinsip perkembangan motorik
kasar
a.
Anak usia TK sudah memiliki
kemampuan melihat dengan fokus yang benar, sehingga guru dapat memberikan
aktivitas melempar bola, ia telah memiliki kemampuan melihat bola di lempar kea
rah nya dan d I tangkap oleh tangan, guru dapat menciptakan aneka aktivitas
dengan menggunakan karakteristik ini.
b.
Anak usia TK telah dapat
melakukan serangkaian gerakan secara berkelanjutan misalnya gerakan menangkap,
melempar, menedang.
c. Guru perlu memberikan relaxasi
pada anak setelah mereka beraktivitas atau melakukan suatu gerakan.
d.
Gerakan oposisi, gerakan ini
perlu di perkenalkan pada anak, gerakan oposisi adalah gerakan seperti berjalan
atau berlari dimana posisi tangan kanan di ayun kan ke depan di koordinasikan
dengan langkah kaki kanan ke depan. Koordinasi ini dapat di latih kan kepada
anak dalam kegiatan baris berbaris
e. Pemindahan beban, gersksn
pemindahan pada anak dapat di lakukan dengan mengajar kan kepada mereka gerakan
memanjat pohon. Pemindahan beban dengan satu kaki dapat mengajar kan
keseimbangan dan merasakan pemindahan beban pada tubuh mereka
f. Tenaga sebagai guru TK
memberikan aktivitas kepada anak TK sebagai contoh menendang bola atau menahan
beban.
4. Karakteristik perkembangan
motorik kasar anak TK
5. Gerak motorik kasar melibatkan seluruh
bagian-bagian tubuh ank terutama otot-otot besar, misalnya berlari, melompat,
melempar, menangkap, dll
6 .Pertumbuhan relative stabil,
anggota badan terus tumbuh dengan cepat dalam proposi yang seimbang,
keseimbangan perkembangan jadi lebih baik
7.Gerakan motorik kasar membutuh
kan tenaga yang banyak karena seluruh anggota tubuh ikut bergerak
7 komentar:
makasih kakak , sangat bermanfaat :)
terimakasih !!!
Makasih😃
thanks
apa ada makalah tentang motorik kasar
Agen BandarQ
Daftar Poker Online
Daftar BandarQ
artikel poker
Bandar66 Online
Situs Judi Online
Sama2 yaa...7 thn yg lalu Bru kebales😄
Posting Komentar